Senin, 09 November 2015

PERLENGKAPAN OLAHRAGA BULUTANGKIS (BADMINTON)

Dalam bermain badminton tentunya kita membutuhkan beberapa perlengkapan yang digunakan, diantaranya :

1. Lapangan Badminton
Federasi Badminton Internasional (IBF, International Badminton Federation) yang sekarang dikenal dengan nama Federasi Dunia Badminton (BWF, Badminton World Federation) telah menetapkan ukuran standar lapangan badminton internasional adalah sebagai berikut :
1.  Panjang lapangan badminton adalah 13,40 m
2.  Lebar lapangan badminton 6,10 m
3.  Jarak garis servis depan dari garis net 1,98 m
4.  Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan 3,05 m
5.  Jarak garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang lapangan 0,76 m
6.  Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 0,46 m
7.  Tinggi tiang net 1,55 m
8.  Tinggi net 1,52 m


 2. Raket
Raket adalah alat pemukul yang digunakan untuk bertanding . Beratnya kurang dari 150 gram. Ada beberapa jenis raket yang digunakan dalam badminton, antaralain:

1.      Raket yang berat di bagian atas (kepala).
2.      Raket yang berat di bagian pegangan (handle).
3.      Raket yang seimbang cocok untuk pemain (allround).
4.     Bahan raket ada yang terbuat dari kayu seluruhnya, ada juga dari aluminium seluruhnya, bisa juga kombinasi dari kayu dan aluminium, dan ada juga yang terbuat dari arang (carbonex).


3. Shuttlecock
Shuttlecock terdiri dari bagian kepala dan bulu. Shuttlecock menggunakan gabus sebagai kepala dan dibungkus dengan kulit yang tipis dan kuat. Beratnya antara 73 – 85 grains (4,73 – 5,50 gram) dan harus mempunyai 14 - 16 helai bulu yang ditangcapkan ke dalam gabus yang bergaris 1-1/8 inch atau 25 - 28 milimeter. Bulunya harus berukuran 64 - 74 mm dari ujung atas sampai kebagian yang rata pada gabus. Garis tengah atau diameter bagian atas shuttlecock 54 - 56 mm dan harus diikat dengan benang secara kuat atau bahan lain yang kuat.

4. Sepatu
Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting, para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Sepatu bulu tangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat, bulu tangkis mengakibatkan agak banyak ketegangan pada lutut dan pergelangan kaki.

5. Jaring (Net)
Jaring harus terentang 76 cm. Ujung atas jaring harus berada 152 cm (5 kaki) dari lantai pada pertengahan lapangan dan 155 cm dari lantai pada tiang-tiangnya. Jaring harus mempunyai tepi dari pita putih selebar 3,8 cm, serta bagian tengah pita tersebut didukung oleh kawat atau tali, yang ditarik dan ditegangkan dari ujung-ujung tiang.

Baca juga ” PeraturanBermain Bulutangkis (Badminton)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar