Senin, 09 November 2015

TINGKATAN KEJUARAAN BULU TANGKIS KELAS DUNIA

TINGKATAN KEJUARAAN BULU TANGKIS KELAS DUNIA

BWF membagi kejuaraan bulu tangkis kelas dunia menjadi beberapa tingkatan, baik kejuaraan individu dan kejuaraan BWF.

·         Kejuaraan BWF

Kejuaraan BWF adalah kejuaraan bulu tangkis kelas dunia yang diselenggarakan langsung oleh BWF. Tuan rumah yang akan dijadikan tempat pelaksanaan kejuaraan bulu tangkis di Olimpiade dan pelaksanaan kejuaraan BWF  akan ditunjuk langsung oleh BWF ataupun komite olimpiade internasional. Berikut ini merupakan kejuaraan bulu tangkis BWF.

1.  Piala Sudirman
Piala Sudirman merupakan kejuaraan dunia bulutangkis internasional beregu campuran dengan 5 kategori pertandingan, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Piala Sudirman diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Pertama kali, Piala Sudirman dilaksanakan di Gelora Bung Karno pada tahun 1989. Indonesia pernah sekali meraih gelar juara Piala Sudirman pada tahun 1989, namun sejak tahun 1991-2013, China dan Korea Selatan menjadi kampiun pada kejuaraan Piala Sudirman ini. Korea Selatan meraih gelar Piala Sudirman sebanyak 3 kali dan China meraih gelar Piala Sudirman sebanyak 9 kali.

2.  Piala Thomas
Piala Thomas merupakan kejuaraan bulutangkis internasional untuk kategori beregu putra yang diadakan setiap dua tahun sekali. Setiap regu/negara yang mengikuti Piala Thomas terdiri dari 5 kategori (3 tunggal, 2 pasangan). Dalam pertandingan, negara peserta yang memenangkan 3 kategori pertandingan dari 5 kategori tersebutlah yang keluar sebagai pemenang. Indonesia sudah 13 kali merasakan gelar Piala Thomas, kemudian China dengan 9 kali gelar Piala Thomas dan Malaysia meraih 5 kali gelar juara. Tetapi sejak tahun 2004-2012, China selalu keluar sebagai juara di Piala Thomas. Indonesia terakhir merasakan gelar juara Piala Thomas adalah tahun 2002.

3.  Piala Uber
Sama seperti Piala Thomas, Piala Uber merupakan kejuaaran bulutangkis internasional beregu namun khusus untuk beregu wanita. Piala Thomas dan Piala Uber selalu dilaksanakan bersamaan dalam satu penyelenggaraan kejuaraan yang berlangsung setiap dua tahun sekali. Dalam pertandingan Piala Uber, setiap negara peserta akan memainkan 5 kategori pertandingan (3 tunggal, 2 ganda).  China merupakan negara dengan koleksi terbanyak juara Piala Uber, yaitu sebanyak 11 kali, disusul dengan Jepang menjuarai Piala Uber sebanyak 5 kali, kemudian Indonesia dan Amerika Serikat menjuarai Piala Uber sebanyak 3 kali dan Korea Selatan baru sekali menjuarai Piala Uber.

4.  Kejuaraan Dunia
Kejuaraan Dunia diadakan sejak tahun 1977 dan mulai tahun 1985-2005, kejuaraan dunia diadakan setiap dua tahun sekali. Namun sejak tahun 2006 hingga sekarang, BWF membuat kejuaraan dunia dilakukan setahun sekali. Tapi, bila pada tahun tersebut dilaksanakan olimpiade, kejuaraan dunia bulutangkis BWF pada tahun tersebut ditiadakan.


5.  Kejuaraan Dunia Yunior
Sama dengan kejuaraan dunia, kejuaraan dunia yunior bulutangkis BWF merupakan kejuaraan dunia kategori yunior paling bergengsi karena memperebutkan titel pemain terbaik dunia yunior untuk umur dibawah 19 tahun.

6.  Olimpiade Cabang Olahraga Bulu Tangkis
Bulu tangkis mulai dipertandingkan menjadi salah satu cabang olahraga di Olimpiade sejak tahun 1992 di Barcelona, Spanyol. Pada tahun tesebut, Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma berhasil meraih medali emas untuk Indonesia. Setiap penyelenggaraan Olimpiade sejak dipertandingkan pada tahun 1992, Indonesia hampir selalu meraih medali emas pada cabang ini dan hal ini tampak sudah menjadi andalan Indonesia untuk mendapatkan emas Olimpiade. Namun sayang untuk penyelenggaraan Olimpiade London 2012, Indonesia gagal total meraih medali emas Olimpiade. Sedangkan Olimpiade 2020, BWF memiliki 3 kandidat negara untuk menjadi tuan rumah yaitu Turki, Jepang dan Spanyol.

·         Kejuaraan Individu

Kejuaraan individu bulutangkis internasional diselenggarakan oleh masing-masing negara anggota BWF dimana BWF membagi kejuaraan tersebut menjadi beberapa tingkatan. Di setiap tingkatan tersebut, terdapat perbedaan jumlah poin yang diterima untuk peringkat ranking dunia dan jumlah total hadiah di kejuaraan tersebut. Berikut ini merupakan kejuaraan individu bulu tangkis internasional.

1.  BWF Event
Kejuaraan ini adalah kejuaraan yang diselenggarakan oleh BWF. Contoh kejuaraan ini yaitu BWF World Championship

2.  Super Series Premiere
Kejuaraan bulu tangkis Super Series Premiere merupakan kejuaraan bulu tangkis internasional bintang enam yang berupa kejuaraan individu. Hanya ada lima kejuaraan yang memiliki status kejuaraan bulu tangkis internasional super series premiere, yaitu Indonesia Open, Malaysia Open, Denmark Open, China Open, dan All England Open.

3.  Super Series
Kejuaraan bulu tangkis internasional ini setara bintang lima. Kejuaraan bulu tangkis internasional yang berstatus Super Series adalah Korea Open, India Open, Singapore Open, Japan Open, French Open, Australia Open, dan Hongkong Open.

4.  Grand Prix Gold
GP Gold adalah kejuaraan internasional bulu tangkis sekelas bintang empat. Yang termasuk kejuaraan internasional bulu tangkis GP Gold adalah India GP Gold, Indonesia GP Gold, German Open Badminton Championship, Badminton Swiss Open, Malaysia GP Gold, China Master – BWF GP Gold, Thailand Open, US Open, Chinese Taipei Open, dan London GP Gold.

5.  Grand Prix
Kejuaraan bulutangkis grand prix merupakan kejuaraan bulu tangkis sekelas bintang tiga. Contoh kejuaraan Grand Prix ini adalah New Zealand Open, Canada Open, Russian Open, Brasil GP, Vietnam Open, Dutch Open, dan Scottish Open.
6.  International Challenge
Kejuaraan Internasional  Challange adalah salah satu kejuaraan bulu tangkis internasional. Contohny adalah Swedish Master, Iran Fajr International Challenge, Polish Open, French Open, Kazakhstan International Challenge, dan Maldives Badminton International Challenge.

7.  International Series
Kejuaraan international series merupakan kejuaraan bulu tangkis internasional yang masuk dalam kalender BWF. Contoh kejuaraan international series ini adalah Estonian International, Iceland International, Uganda International, Croatian International, International Argentina, dan Venezuela Internacional.

8.  Future Series
Future Series merupakan kejuaraan internasional bulu tangkis dengan kelas paling rendah di dunia bulu tangkis profesional.  Contoh kejuaraan future series adalah Riga International, Lithuanian International, dan Slovak Open.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar